Uncategorized

Tiga Koperasi Konvensional di Siak Beralih Jadi Koperasi Syariah Dilaunching Gubernur Riau

Pipnews.co.id, Sri Indrapura – Koperasi berembel-embel syariah didorong tumbuh berkembang di provinsi Riau. Buktinya tiga koperasi konvensional di Kabupaten Siak, Riau baru saja beralih status menjadi Koperasi Syariah, yang dilaunching pengoperasiannya oleh Gubernur Riau Syamsuar beberapa waktu lalu.

Tiga koperasi yang dilaunching ini bernama 1) Koperasi Unit Desa (KUD) Tunas Muda Kampung Teluk Merbabu, Kecamatan Dayun, 2) Koperasi Syariah Wanita Majelis Ta’lim Amirul Mukminim, Kecamatan Sungai Apit dan 3) Koperasi Syariah Islamic Center Madinatul Ulum.

Launching ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Riau H Syamsuar, didampingi Bupati Kabupaten Siak H Alfedri.

Pada kesempatan itu Gubernur menyampaikan bahwa koperasi syariah merupakan salah satu bagian dari pembangunan Ekonomi Syariah. “Hanya saja karena masih kurangnya minat kepada ekonomi syariah, makanya perkembangan Ekonomi Syariah sedikit terlambat,” kata Syamsuar yang mantan Bupati Siak dua periode.

Masih kata Syamsuar, pemerintah pusat sendiri juga telah membangun Masterplan Ekonomi Syariah 5 tahun ke depan, dimulai dari 2019 – 2024. Oleh karena itu pihaknya sangat mensuport dengan adanya program tersebut. “Dengan telah dilaunchingnya beberapa koperasi syariah di Kabupaten Siak ini yang pelaksanaan operasionalnya berbasiskan syariat Islam, seperti kejujuran dan keadilan , semoga menjadi contoh bagi koperasi lain yang ada di provinsi Riau,” imbuh Gubernur seperti dilansir Humas Dinaskop UKM Siak (30/5).

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri mengapresiasi pihak Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak yang telah berhasil membawa beberapa koperasi di daerahnya untuk hijrah ke koperasi syariah. Masih menurut Bupati, setelah disosialisasikannya koperasi syariah, maka dari jumlah koperasi 178 unit yang aktif di Kabupaten Siak, 5 di antaranya sudah hijrah dari konvensional menjadi koperasi syariah. Dua lainnya adalah Koperasi Syariah Rimba Mutiara Kecamatan Koto Gasib dan Koperasi Syariah Super Rejeki Kecamatan Koto Gasib.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak, Wan Fazri Auli menambahkan, beberapa waktu lalu Pemkab Siak melalui dinas yang dipimpinnya telah melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan konpetensi bagi calon anggota Dewan Pengawas Syariah (DPS) Koperasi Syariah. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button