UKM dan Koperasi Kopi Bermitra dengan ITFC Tingkatkan Ekspor Kopi Sumut

Pipnews.co.id, Brastagi – Koperasi dan tiga UKM di Kabupaten Karo-Sumut, bermitra dengan International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC), untuk meningkatkan ekspor kopi. Demi menguatkan kemitraan tersebut, masing-masing pihak telah melakukan penandatanganan perjanjian Murabahah, (MoU) dengan nilai total USD 6 juta.

CEO ITFC Hani Salem Sonbol mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bagian dari paket pendanaan yang lebih besar, yaitu sebesar USD 30 juta yang telah disetujui ITFC untuk eksportir kopi UKM.

“Melalui perjanjian itu, tiga perusahaan lokal memenuhi syarat untuk pembiayaan masing-masing hingga USD 2 juta, dan akan digunakan untuk membeli biji kopi dari pasar lokal untuk ekspor secara global,” jelasnya pada wartawan, di Brastagi, Kamis, (18/7).

Ia menambahkan, kerja sama tersebut merupakan bagian dari strategi baru ITFC, yang menawarkan solusi perdagangan terpadu ke negara-negara anggota. Imbuh dia, solusi perdagangan terpadu itu mencakup komponen pendanaan perdagangan, serta
komponen pengembangan perdagangan untuk memaksimalkan dampak perkembangan dari investasi ITFC, di negara-negara anggota.

Masih jelas Hani, perjanjian itu dirancang untuk mengatasi kurangnya akses ke pembiayaan bagi para eksportir kopi UKM Indonesia, serta untuk memastikan rantai pasokan kopi lokal secara berkelanjutan. Selain itu kata Hani juga untuk meningkatkan pasokan biji kopi lokal dan memberi insentif kepada petani
kopi Indonesia. Agar dapat hasil dan manfaat dari sektor ekspor kopi yang lebih kuat.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi kopi berkualitas tinggi, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah demi mendorong pertumbuhan ekspor kopi ke luar negeri. Dan pada saat yang sama juga meningkatkan kesejahteraan
petani kopi,” ujarnya.

Untuk diketahui CEO ITFC Hani Salem Sonbol, sebelum pelaksanaan MoU, pada Selasa, (16/7) telah menyaksikan proses penggilingan kopi di Desa Naman Teram, Berastagi, Karo. (Yan/dbs).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.