UKM Kini Didorong Kemenkop dan UKM Manfaatkan Peluang Ekspor ke Pasar Eropa

Pipnews.co.id, Jakarta – Para pelaku UKM kini didukung dan didorong Kementerian Koperasi dan UKM untuk memanfaatkan peluang ekspor ke pasar Eropa. Mengingat kesempatan ersebut semakin terbuka pascapandemi Covid-19. Tetapi untuk meningkatkan nilai ekspor tersebut diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Ini dimaksudkan agar para UKM tidak hanya sekadar dapat bertahan tapi sekaligus mampu meningkatkan kualitas.

Dengan demikian mereka dapat bersaing di pasar global khususnya di pasar Eropa. Utamanya pada masa pandemi ini membuat UMKM menjadi salah satu yang paling terdampak.Hal itu disampaikan Victoria dalam Seminar Online Peluang Bisnis Pasca-Covid-19, Peluang Ekspor ke Eropa, yang diinisiasi Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) DPD DIY secara daring, Selasa (22/9).

Masih dikatakan Victoria, ekspor produk UKM ke berbagai negara saat ini semakin terbuka lebar. Ia mencontohkan, pihaknya telah memberikan dukungan terhadap upaya peningkatan ekspor UKM seperti yang telah dilakukan UKM di Bangka Belitung yang mengekspor Lidi Nipah ke Nepal, PLB E – commerce Marunda yang mengekspor 500 produk UKM ke PLB E- Commerce Ningbo di Tiongkok, serta dukungan kepada Sekolah Ekspor di SMESCO.

Kebijakan lain yang dilakukan pemerintah melalui KemenkopUKM diantaranya fasilitasi standardisasi global, pelibatan BUMN sebagai offtaker, Onboarding digitalisasi KUKM, fasilitasi promosi baik di dalam maupun luar negeri, hingga menjadikan SMESCO sebagai center of excellence.

Pemerintah mengapresiasi semua berbagai pihak, salah satunya Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) melalui kegiatan Seminar Online Peluang Ekspor Bagi UKM Indonesia ke Eropa. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya edukasi dan promosi bagi UMKM untuk menciptakan pasar di negara-negara Eropa,” katanya mewakili Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Ia mengatakan hingga saat ini, terdapat lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkontribusi 97% terhadap total tenaga kerja dan 60% PDB nasional. Angka ini menunjukan peran UMKM yang sangat besar bagi perekonomian nasional. Namun demikian kontribusi ekspor UKM masih berkisar 14%, sehingga perlu ditingkatkan.

Berdasarkan data BPS tahun 2019, ekspor Indonesia ke negara-negara Uni Eropa senilai US$ 14,6 miliar, masih cukup rendah jika dibandingkan dengan negara-negara APEC (US$ 122 miliar), ASEAN (US$ 41,4 miliar), dan NAFTA (US$19,6 miliar). Ekspor Indonesia Uni Eropa terbesar ke Belanda dengan nilai US$ 3,20 miliar; Jerman US$ 2,4 miliar; Italia US$ 1,74 miliar; Spanyol US$ 1,59 miliar; Inggris US$ 1,35 miliar; Perancis US$ 1,01 miliar; dan Belgia US$ 1,07 miliar.

Sementara itu Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI)/Wakil Kepala Perwakilan RI di Brussel, Belgia, Sulaiman Syarif mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan UKM di Indonesia sebelum melakukan ekspor ke Eropa. “UKM harus bisa menetapkan harga yang pasti, konsisten dan transparan,” katanya.

Selain itu, kata dia, UKM harus mampu menjaga konsistensi kualitas produk, kontinyuitas volume dan produksi, serta representatif/kontak yang mudah untuk dihubungi. “UKM juga harus memperhatikan terkait preferensi konsumen Uni Eropa untuk sustainability, fair trade, dan ethical trade,” kata Sulaiman. (Esawe).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.